Contoh RPP Kelas I PAI Pembelajaran Kasih Sayang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Nama Sekolah
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Pembelajaran (1) : Kasih Sayang
Tema / Topik 2 : Kasih Nabi Muhammad SAW
Alokasi Waktu : ........... x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
K1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K2
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
K3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
K4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi
Muhammad saw
|
1.17.1 Mematuhi dan meyakini kebenaran
kisah nabi
Muhammad Saw
|
2
|
2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman
kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw
|
2.17.1 Membiasakan sikap jujur dan kasih
sayang
sebagai implementasi pemahaman kisah
kete
ladanan Nabi
Muhammad
|
3
|
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi
Muhammad Saw
|
3.17.1 Menjelaskan kisah singkat
Nabi Muhammad Saw
3.17.2 Menjelaskan Kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw
|
4
|
4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw
|
4.17.1 Mencontohkan perilaku kasih sayang,
hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai
implementasi keteladanan dan kasih sayang Nabi Muhammad saw.
|
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
þ
Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;
þ
Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw;
þ
Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
þ
Kisah keteladanan dan kasih sayang Nabi Muhammad saw
Muhammad
Rasulullah menyayangi umatnya.
|
Hari Raya Idul Fitri tiba. Anak-anak
bergembira. Ketika Rasulullah pulang, ada anak menangis. Rasulullah berkata, jangan menangis anakku. Aku menjadi ayahmu.
|
F. PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Information Search (mencari informasi)
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
þ
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi,
dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
þ
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri
kepada peserta didik.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
þ
Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu
dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
þ
Guru dapat memanfaatkan
model / strategi / metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1)
ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau
tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis eeting artinya peserta didik berbincang
mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka
atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh
pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam
pelaksanaan diskusi.
|
10 menit
|
Inti
|
þ
Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang
ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
þ
Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
þ
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
þ
Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi
gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain
gembira sementara satu anak sedang bersedih).
þ
Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi
Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
þ
Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik
bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
þ
Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar
dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat.
þ
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara
berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar
tersebut
þ
Selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut (kasih
sayang seorang teman terhadap teman lainnya).
þ
Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta
didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
þ
Membaca do’a sesudah belajar
dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
þ
Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
þ
Gambar/ Poster
þ
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
I. PENILAIAN
1. Teknik dan Instrumen
Penilaian
A. Sikap Spiritual (KI)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Nama :
....................................................
Kelas/Semester :
....................................................
Pelaksanaan Pengamatan : di dalam
pembelajaran /di luar pembelajaran
No.
|
Aspek yang diamati
|
Tanggal
|
Catatan Guru
|
|
1.
|
Ketaatan
Ibadah
|
Mengikuti
kegiatan shalat berjamaah di sekolah
|
Selalu
mengikuti kegiatan shalat berjamaah dalam kegiatan pembiasaan pembelajaran
|
|
2.
|
Mengikuti
kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll
|
|||
3.
|
Mengikuti
kegiatan PHBI di sekolah
|
|||
4.
|
Berprilaku
syukur
|
Menjaga
kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya.
|
||
5.
|
Suka
memberi dan menolong orang lain
|
|||
6.
|
Berterimkasih
atas pemberian orang lain
|
|||
7.
|
Berdoa
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah belajar
|
Selalu
membaca doa setiap mengawali dalam kegiatan pembiasaan pembelajaran
|
|
8.
|
Toleransi
beribadah
|
Berteman tanpa membedakan agama
|
||
9.
|
Tidak menjelekkan ajaran agama lain.
|
|||
10.
|
Menghormati hari besar keagamaan lain
|
................,
..............................................
Guru
_______________________
(Nama jelas dan tanda tangan)
b. Penilaian
Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama : ....................................................
Kelas/Semester : 1 (satu) / Ganjil
Waktu Penilaian : ....................................................
Petunjuk:
1. Berilah tanda
(√)pada kolom yang tersedia sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Diisi oleh peserta
didik dengan bimbingan orangtua/wali.
3. Ditanda tangani
oleh orangtua/wali.
4. Setelah diisi
mohon diserahkan kembali kepada guru kelas/mata pelajaran.
No.
|
Pernyataan
|
Keterangan
|
||
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
||
1
|
Saya
mengikuti kegiatan shalat berjamaah di sekolah
|
|||
2
|
Saya
mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll
|
|||
3
|
Saya
mengikuti kegiatan PHBI di sekolah
|
|||
4
|
Saya
menjaga kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya.
|
|||
5
|
Saya
suka memberi dan menolong orang lain
|
|||
6
|
Saya
berterimkasih atas pemberian orang lain
|
|||
7
|
Saya
berdo’a sebelum dan sesudah belajar
|
|||
8
|
Saya berteman tanpa membedakan agama
|
|||
9
|
Saya tidak menjelekkan ajaran agama lain.
|
|||
10
|
Saya menghormati hari besar keagamaan lain
|
..............., ..............................................
Mengetahui:
Orangtua/Wali
____________________
(Nama jelas dan tanda tangan)
c. Penilaian Antarteman
No.
|
Pernyataan
|
Keterangan
|
||
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
||
1
|
Teman
saya mengikuti kegiatan shalat berjamaah di sekolah
|
|||
2
|
Teman
saya mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll
|
|||
3
|
Teman
saya mengikuti kegiatan PHBI di sekolah
|
|||
4
|
Teman
saya menjaga kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada
tempatnya.
|
|||
5
|
Teman
saya suka memberi dan menolong orang lain
|
|||
6
|
Teman
saya berterimkasih atas pemberian orang lain
|
|||
7
|
Teman
saya berdo’a sebelum dan sesudah belajar
|
|||
8
|
Teman saya berteman tanpa membedakan agama
|
|||
9
|
Teman saya tidak menjelekkan ajaran agama lain.
|
|||
10
|
Teman saya menghormati hari besar keagamaan lain
|
B. Sikap sosial
1) Observasi (Lembar Penilaian Observasi/Jurnal)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Nama :
....................................................
Kelas/Semester :
....................................................
Pelaksanaan Pengamatan : di dalam
pembelajaran /di luar pembelajaran
No.
|
Aspek yang diamati
|
Tanggal
|
Catatan Guru
|
1.
|
Jujur
|
||
2.
|
Disiplin
|
||
3.
|
Tanggung
Jawab
|
||
4.
|
Santun
|
||
5.
|
Peduli
|
||
6.
|
Percaya diri
|
................,
..............................................
Guru
_______________________
(Nama jelas dan tanda tangan)
2) Penilaian Diri (Lembar Penilaian Diri)
3) Penilaian Antarteman (Lembar
Penilaian Antarteman
C. Pengetahuan
1. Tes Tulis (Pilihan ganda,
menjodohkan, isian singkat, essai, uraian, dll)
No.
|
KD
|
Indikator
Soal
|
Bentuk Soal
|
Bobot
|
No.
Soal
|
Soal
|
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Disajikan tentang
kisah Nabi Muhammad, siswa mampu menentukan sifat yang terpuji dari Nabi
Muhammad
|
1
|
||||
2. Lisan (Daftar pertanyaan)
3. Penugasan (Daftar penugasan
di dalam/luar kelas)
D. Keterampilan
1. Kinerja (Praktik dan Produk)
Tes Praktik/Unjuk Kerja
4.17 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw
No.
|
Nama
|
Penguasaan
materi
|
Urutan penyajian
materi
|
Kebenaran materi
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
4
= sangat baik 3 = baik, 2 = cukup 1 = kurang
2. Projek (Daftar tugas yang
harus diselesaikan dalam waktu tertentu)
3. Portofolio (dokumen/karya
peserta didik secara individu)
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom
“ayo kerjakan”.
Rubrik Penilaian
Aspek
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penguasaan materi
|
||||
Penguasaan nilai-nilai
|
||||
Keaktifan
|
||||
Kesantunan
|
Catatan : 4 = Sangat
Baik 3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang baik
.................................,
....................
Mengetahui,
Kepala
SD ............................................. Guru
PAI dan Budi Pekerti
................................................. .................................................
NIP. NIP.