Beberapa Contoh Model Pembelajaran
Model
pembelajaran paikem :
1) Numbered heads together, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Siswa
dibagi dalam kelompok-kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor;
b.
Guru memberi tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya;
c.
Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya;
d.
Guru memanggil salah satu nomor
siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka;
e.
Tanggapan dari teman yang lain
ditampung, kemudian guru menunjuk nomor yang lain;
f.
Simpulan.
2) Kepala
bernomor struktur,
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Siswa dibagi ke dalam sejumlah
kelompok, dan setiap siswa anggota kelompok mendapat nomor;
b.
Penugasan diberikan kepada
setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai misalnya: siswa
No.1 bertugas mencatat soal, siswa No. 2 mengerjakan soal, dan siswa No. 3
melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya;
c.
Jika perlu, guru bisa menyuruh
kerja sama antar-kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa yang bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan
ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil
kerja sama mereka;
d.
Melaporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain;
e.
Simpulan.
3. Reading Aloud
( Metode membaca dengan keras ), Strategi ini adalah sebagai
berikut :
a.
Guru memilih sebuah teks yang cukup menarik untuk
dibaca dengan keras,Guru hendaknya membatasi dengan suatu pilihan teks yang
kurang dari 500 kata.
b.
Guru menjelaskan teks itu pada peserta didik secara
singkat. Guru memperjelas poin – poin kunci atau masalah – masalah pokok yang
dapat diangkat.
c.
Guru membagi bacaan teks itu dengan alinea-alinea
atau beberapa cara lainnya. Guru menyuruh peserta didik untuk membaca keras
bagian-bagian yang berbeda.
d.
Ketika bacaan-bacaan tersebut berjalan, guru
menghentikan di beberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu, kemudian
guru memunculkan beberapa pertanyaan, atau memberian contoh-contoh. Guru dapat
membuat diskusi-diskusi singkat jika para peserta didik menunjukkan minat dalam
bagian tertentu. Kemudian guru melanjutkan dengan menguji apa yang ada dalam
teks tersebut.
e.
Guru melakukan kesimpulan. Klarifikasi dan tindak
lanjut.
4. The Power Of Two and
Four ( Menggabung 2 dan 4 Kekuatan ),
Langkah-langkah
sebagai
berikut :
a. Tetapkan satu masalah / pertanyaan terkait
dengan Kompetensi
dasar/Indikator/Tujuan pembelajaran
b. Beri
kesempatan pada peserta didik untuk berpikir sejenak tentang masalah
tersebut.
c. Bagikan kertas pada tiap peserta didik untuk
menuliskan pemecahan masalah/
jawaban (secara mandiri.) lalu periksalah
hasil kerjanya.
d. Perintahkan
peserta didik bekerja berpasangan 2
orang dan berdiskusi
tentang
jawaban masalah tersebut, lalu
periksalah hasil kerjanya.
e..Peserta
didik membuat jawaban baru atas masalah yang disepakati berdua
f.
Selanjutnya perintahkan peserta didik bekerja
berpasangan 4 orang dan berdiskusi lalu bersepakat
mencari jawaban terbaik, lalu periksalah hasil kerjanya.
g.
Jawaban bisa ditulis dalam kertas dan lainnya, dan
guru memeriksa dan memastikan setiap kelompok telah menghasilkan kesepakatan
terbaiknya menjawab masalah yang dicari.
h.
Guru mengemukakan penjelasan dan solusi atas
permasalahan yang didiskusikan tadi.
i.
Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak
lanjut.
5. Information
Search ( Mencari Informasi ), Langkah-langkah
:
a. Tersedia referensi terkait topik pembelajaran
tertentu sesuai Kompetensi
Dasar/Indikator/Tujuan
pembelajaran
b. Guru menyusun kompetensi dari topik tersebut.
c. Guru membuat pertanyaan untuk memperoleh
kompetensi tersebut.
d. Carilah ayat dan hadis terkait
e. Bagi kelas dalam kelompok kecil ( maksimal 3
orang )
f. Peserta
ditugasi mencari bahan di perpustakaan yang sudah diketahui oleh guru
bahwa bahan tersebut benar-benar ada.
g.Setelah peserta mencari dan kembali ke kelas, guru
membantu dengan cara
membagi
referensi kepada mereka.
h.. Peserta diminta mencari jawaban dalam referensi
tersebut yang dibatasi oleh
waktu (
misalnya 10 menit ) oleh guru.
i..Hasilnya
didiskusikan bersama seluruh kelas.
j.. Guru menjelaskan materi pelajaran terkait dengan
topik tersebut
k. Guru melakukan kesimpulan,klarifikasi dan tindak
lanjut
6. Reading Guide
( Bacaan Terbimbing ), langkah-langkah :
a. Tentukan bacaan yang akan dicapai.
b. Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab
oleh peserta atau kisi-kisi dan
boleh juga
bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan
yang telah
dipilih tadi.
c. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau
kisi-kisinya kepada peserta.
d. Tugas peserta adalah mempelajari bahan bacaan
tersebut dengan menggunakan
pertanyaan
atau kisi-kisi yang ada..Batasi aktivitas ini sehingga tidak memakan
waktu yang
berlebihan.
e..Bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan
menanyakan jawaban kepada peserta
f. Pada akhir pembelajaran, berilah alasan atau
penjelasan secukupnya.
g. Guru melakukan kesimpulan,klarifikasi dan tindak
lanjut.
7. Index Card Match
( Mencari jodoh/pasangan kartu ), Langkah-langkah :
a. Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah peserta
dalam kelas dan kertas tersebut dibagi menjadi dua kelompok.
b. Tulis pertanyaan tentang materi yang telah
diberikan sebelumnya pada potongan kertas yang telah dipersiapkan, setiap
kertas satu pertanyaan
c Pada potongan kertas yang lain, tulislah jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat
d. Kocoklah semua kertas tersebut sehingga akan
tercampur antara soal dan jawaban
e. Bagikan setiap peserta satu kertas. Jelaskan
bahwa ini aktivitas yang dilakukan berpasangan. Sebagian peserta akan
mendapatkan soal dan sebagian yang lain akan mendapatkan jawaban
f. Mintalah peserta untuk mencari pasangannya. Jika
sudah ada yang menemukan pasangannya mintalah mereka untuk duduk berdekatan.
Jelaskan juga agar mereka tidak memberikan materi yang mereka dapatkan kepada
teman yang lain
g. Setelah semua peserta menemukan pasangan dan
duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian membacakan soal
yang diperoleh dengan suara keras kepada teman-teman lainnya. Selanjutnya soal
tersebut dijawab oleh pasangannya, demikian seterusnya
h. Akhiri proses ini dengan klarifikasi dan
kesimpulan serta tindak lanjut
8. Card Sort (
Menyortir Kartu ), Langkah – langkah :
a. Guru menyiapkan kartu berisi tentang materi
pembelajaran sesuai Kompetens Dasar/indikator/Tujuan Pembelajaran.
b. Seluruh kartu diacak/ dikocok agar campur
c. Bagikan kartu kepada murid dan pastikan
masing-masing memperoleh satu ( boleh dua )
d. Perintahkan setiap murid bergerak mencari kartu
induknya dengan mencocokkan kepada kawan sekelasnya
e. Setelah kartu induk beserta seluruh kartu
rinciannya ketemu, perintahkan masing-masing membentuk kelompok dan menempelkan
hasilnya di papan secara urut
f. Lakukan koreksi bersama setelah semua kelompok
menempelkan hasilnya
g. Mintalah salah satu penanggungjawab kelompok
untuk menjelaskan hasil sortir kartunya,kemudian mintalah komentar dari
kelompok lainnya.
h. Berikan apresiasi setiap hasi kerja murid
i. Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak
lanjut